Makanan Oleh-oleh Khas Jogja Selain Bakpia yang Sudah Terlalu Mainstream


Geplak Bantul Makanan Oleh oleh Khas Jogja Selain Bakpia

Makanan Oleh-oleh Khas Jogja Selain Bakpia yang Sudah Terlalu Mainstream. Beberapa jenis makanan underrated yang bisa dipilih sebagai oleh-oleh khas ketika liburan ke Jogja, selain bakpia.

Oleh-oleh adalah salah satu komponen yang sulit dipisahkan dengan kegiatan travelling. Jika sebelumnya telah kami sajikan untuk sobat artikel gaya hidup diet tentang smoothies untuk diet keto, maka tak ada salahnya jika kali ini akan kami coba hadirkan informasi mengenai oleh-oleh khas jogja selain bakpia di blog MYGIFTSFROMABOVE.COM.

Jogja, walaupun merupakan kota yang sering dikunjungi beberapa orang, hasrat untuk membeli oleh-oleh tetap saja ada. Oleh-oleh paling terkenal adalah bakpia. Untuk yang beberapa kali kesana rasanya bosan juga harus selalu membeli bakpia.

Makanan Oleh-oleh Khas Jogja Selain Bakpia

Berikut adalah beberpa pilihan oleh-oleh selain bakpia namun juga tidak kalah khas dan tetap terasa kesan jogja-nya.

1. Yangko

Makanan kenyal dan manis yang memiliki taburan seperti moch ini juga menarik. Biasanya yangko memiliki banyak varian warna yang diwarnai dengan pewarna alami. Yangko populer berasal dari kota gede dengan harga sekitar 15-20 berisi 30 buah yangko.

2. Geplak

Masih bercitarasa mans, yang kedua adalah Geplak. Berbahan dasar kelapa yang diberi gula dan pewarna biasanya geplak dijual berbungus besek, sensasi manis dan gurih dengan warna yang beragam enjadikan geplak tidak kalah menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Geplak ini merupakan salah satu makanan tradisional yang sudah ada sejak dulu, harganya yanya sekitar 10 – 15 ribu rupiah saja per besek.

3. Keripik Belut Khas Godean

Bagi penggermar makanan asin, kripik belut ini bisa dijadikan alternatif untuk oleh-oleh, di daerah godean kripik ini dapat dengan mudah dicari dengan harga sekitar 15 ribu rupiah per bungkus.

4. Tiwul Instan

Dalam beberapa tahun terakhir tiwul dari gunung kidul merupakan salah satu alternatif oleh-oleh populer. Namun karena cepat basi tidak memungkinkan dibawa oleh traveller berasal dari daerah jauh. Namun saat ini ada tiwul instan yang untuk mengolahnya cukp dengan dikukus saja, kemudian tambahkan gula merah atau kelapa parut sesuai selera masing-masing. Tiwul instan ini hanya dibandrol sekitar 10 – 15 ribu rupiah saja per bungkus.

5. Belalang Goreng khas Gunungkidul dan Wonosari

Ingin oleh-oleh yang antimainstream, sobat bisa membeli belalang goreng sebagai buah tangan. Tidak sulit mendapatnya, di jalan utama daerah Gunungkidul maupun Wonosari banyak penjual yang bahkan digoreng ditempat dengan harga 10-15 ribu rupiah atau tergantung sobat menginginkan berapa banyak.

6. Cokelat Monggo

Berupa coklat bar dengan kemasan eksklusif yang kental dengan aroma jogja seperti pewayangan, coklat monggo dibandrol mulau 8 – 40 ribu rupiah. Untuk rasa tidak perlu diraguan walaupun ketenarannya masih tetap dibawah bakpia.

Demikianlah sajian kami untuk makanan oleh-oleh khas jogja selain bakpia, semoga memberikan manfaat untuk sobat semuanya. Jangan lupa simak juga update lainnya misalnya dari dunia kesehatan, buah-buahan penurun kolesterol di halaman lainnya di website MYGIFTSFROMABOVE.COM.