Olahraga yang Aman Saat Menstruasi dan yang Harus Dihindari

Jenis Olahraga yang Aman dan Dilarang Saat Menstruasi

Bolehkah perempuan melakukan olahraga ketika sedang masa haid? Apa saja aktivitas olahraga yang aman dilakukan dan yang sebaiknya dihindari saat datang bulan? Mungkin dalam kepala sobat ada pertanyaan semacam itu, terutama bagi sobat cewek yang masih bimbang dan bingung. Saat menstruasi tapi tetap ingin olah raga agar badan tidak kaku dan segar selalu.

Terlebih lagi saat menstruasi adalah siklus bulanan yang secara normal bakal dialami oleh perempuan di masa subur. Dikala sobat tengah haid, biasanya akan timbul berbagai rasa yang kurang nyaman sehingga bisa mengganggu kegiatan sobat sehar-hari.

Simak Juga: 3 Smoothies untuk Sobat yang Jalani Gaya Hidup Diet Keto

Saat “kedatangan tamu”, kadang ada yang perutnya sakit karena kram, terasa kembung, rasa capai dan lelah, serta kepala pusing yang teramat sangat. Hal-hal semacam itu adalah gangguan dan problema yang bisa jadi bakal sobat alami saat menstruasi. Maka tidak mengherankan jika banyak cewek yang menjadi malas beraktivitas dan memilih tiduran atau malas-malasan.

Olahraga dan Menstruasi

Hanya saja perlu sobat ketahui bahwa saat periode menstruasi datang, ada baiknya sobat tetap olahraga. Karena dengan berolahraga sobat bisa mengatasi dan mengalihkan berbagai permasalahan yang telah disebutkan di atas.

Jangan Lewatkan: Buah-buahan yang Berkhasiat Ampuh Turunkan Kolesterol

Namun sobat tetap harus tahu batasan-batasan mengenai jenis olahraga apa saja yang boleh dilakukan saat datang bulan. Dan aktivitas olahraga apa saja yang sebaiknya dihindari saat haid.

1. Olahraga Saat Sebelum Menstruasi (PMS)

Beberapa hari sebelum datang bulan, umumnya sudah ada gejala yang mulai terlihat, seperti rasa kurang nyaman, marah-marah dan rasa lelah.. Nah sobat, ketika pertanda masa PMS telah muncul, sobat ada baiknya mengurangi intensitas dan durasi olahraga, serta mengganti olahraga berat dengan jensi olahraga yang lebih ringan.

2. Olahraga Saat Menstruasi

Pada saat haid tiba, sobat biasanya akan merasa kram di perut dan rasa yang lebih letih atau lemah, ditambah lagi bad mood. Pada masa seperti ini ada baiknya jika sobat berolahraga yang mudah dan ringan seperti jalan kaki dengan santai beberapa menit, misalnya 10 hingga 20 menit.

Lihat Juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Menggunakan Maskara

3. Olahraga yang Aman Dilakukan Saat Haid

Berbagai olahraga ringan seperti berjalan sangat disarankan dan aman dilakukan selamadatang bulan. Karena aktivitas semacam ini justru akan membantu memperbaiki mood serta membakar kalori di tubuh. Selain itu juga olahraga seperti yoga dan pilates dipilih sebagai alternatif olahraga saat menstruasi karena dapat turut membantu memperbaiki kondisi fisik dan mental.

4. Olahraga yang Harus Dihindari Saat Menstruasi

Adapun jenis olahraga yang harus dihindari saat datang bulan adalah berbagai olahraga yang berat, olahraga dengan intensitas tinggi, serta olahraga fokusnya pada otot bagian perut.