Cara Setting Ulang Oli Samping Kawasaki Ninja R 150 dengan Mudah, Lakukan Sendiri Tidak Perlu ke Bengkel

Cara Mudah Setting Ulang Oli Samping Kawasaki Ninja R 150

Tips bagaimana cara mudah untuk menyetel ulang oli samping motor kawasaki ninja r 150 yang bisa sobat lakukan sendiri di rumah sehingga tidak perlu ke bengkel. Selamat berjumpa kembali dengan website kami yang selalu memberikan informasi terbaru tentang banyak hal, termasuk di antaranya adalah seputar dunia otomotif.

Kawasaki Ninja R 150

Nah, berbicara mengenai sepeda motor berkompresi 2 tak, pastinya sobat semua sudah tidak asing lagi dengan sepeda motor andalan Kawasaki yang satu ini, yaitu Kawasaki Ninja R 150 Series. Seperti yang sudah sobat ketahui, bahwa sepeda motor dengan kompresi 2 tak ini identik dengan adanya oli samping dan sudah memiliki settingan masing-masing.

Biasanya pabrikan sepeda motor 2 tak seperti Kawasaki telah mensetting oli samping sesuai dengan standar pabrikan. Hal tersebut bermaksud agar konsumsi bahan bakar menjadil lebih hemat dan oli samping pun bisa tetap irit.

Simak Juga: Cara Bore-up Harian Suzuki Satria Fu 150 Menjadi 200cc agar Lebih Kencang

Akan tetapi, bagi yang gemar memodifikasi motor Ninja R 150 kerap kali mengganti spare part orisinil dengan variasi atau racing, tentunya hal tersebut akan berbengaruh pada performa mesin.

Misalnya, pada bagian knalpot di ganti dengan menggunakan knalpot racing, maka mereka harus melakukan penyettingan ulang pada beberapa komponen lainnya, seperti pada setelan suplayer dan juga oli samping yang di sesuaikan dengan settingan racing.

Nah, bagi sobat para pecinta modifikasi motor khususnya pada motor Kawasaki Ninja R 150 Series, melakukan setting ulang pada komponen oli samping memang sangat penting dan tentunya sobat harus mengetahui langkah-langkahnya.

Karena, hal tersebut bermaksud untuk menyesuaikan dengan performa atau kinarja mesin yang dihasilkan setelah melakukan modifikasi. Namun bagi sebagian orang masih banyak yang belum mengetahui cara mensetting ulang oli samping pada motor Ninja R 150.

Cara Setting Ulang Oli Samping Ninja R 150

Tapi sobat tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi tentang cara menyetel ulang oli samping Ninja R 150 Dengan Mudah yang akan kami jelaskan berikut ini. Simak ulasan di bawah ini!

  1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan yaitu, lepaskan 3 buah baut pengikat yang memiliki ukuran 8 mm dengan menggunakan kunci pas.
  2. Kemudian cover dust yang terdapat pada bagian pompa oli samping Ninja R 150 akan terlihat.
  3. Selanjutnya sobat lepaskan 2 buah baut yang ada pada cover pompa oli dengan menggunakan obeng plus (+) atau yang sering sobat kenal dengan sebutan obeng kembang
  4. Nah, setelah itu sobat tarik saja cover pompa olinya ke bawah dengan pelan-pelan, kemudian akan nampak tSobat minus atau negatif (-) pada bagian sisi body pompa oli dan tanda yang sama akan terlihat pada bagian tuas penggerak oli sampingnya.
  5. Kemudian sobat nyalakan mesin motor kurang lebih selama 3 menit, lalu matikan mesin motor.
  6. Jika sudah dimatikan, langkah selanjutnya yaitu menarik tuas gas hingga full, kemudian silakan sobat lihat pada ke dua tSobat negatif (-) yang terdapat pada body pompa oli lalu periksa sudah sejajar atau tidak.
  7. Apabila tanda negatif (-) tersebut sudah sejejar, berarti settingan atau setelan oli samping masih standart pabriknya. Dan konsumsi bahan bakar pun masih tetap pada level aman dan sesuai dengan standart pabrikan.

Bagaimana sobat, mudah kan cara mengerjakannya sendiri? Itulah cara setting ulang oli samping motor kawasaki ninja r 150 dengan mudah yang dapat kami bagikan untuk sobat semua khususnya bagi para pecinta motor 2 tak.

Jangan Lewatkan: Cara Memasang Noken As Satria Fu dengan Mudah

Semoga apa yang kami berikan ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat di seputar dunia otomotif. Sekian, terima kasih, dan smpai jumpa di artikel kami lainnya ya sobat.